Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Jadwal Cetak Kartu Peserta Seleksi PPG Daljab Tahun 2022

Berikut Jadwal Cetak Kartu Peserta Seleksi PPG Daljab Tahun 2022

Pengumuman hasil seleksi administrasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan telah disampaikan pada 8 Maret 2022 melalui laman resmi PPG Kemdikbud. Sebanyak 391.530 guru dinyatakan lulus seleksi administrasi PPG. Guru yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi maka selanjutnya dapat mengikuti seleksi akademik.

Kemdikbud bakal membuka tahapan cetak kartu peserta mulai 12 Maret 2022. Selanjutnya seleksi akademik bakal digelar 16-30 Maret 2022. Seleksi akademik akan dilaksanakan secara daring berbasis domisili. 

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 

Tujuan pemberian bantuan biaya pendidikan PPG Dalam Jabatan ini adalah untuk memfasilitasi dan memberikan kesempatan bagi Guru yang belum memiliki sertifikat pendidik untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik. Salah satu metode yang digunakan untuk melaksanakan Program Pendidikan Profesi Guru adalah dengan melakukan diklat secara daring.

Dikutip oleh Informe News melalui ppg.kemdikbud.go.id, hasil seleksi peserta yang lolos dalam tahapan seleksi administrasi berjumlah 391.530 guru, dengan angka terbanyak berasal dari Jawa Barat dengan 54.786 peserta dan paling sedikit dari Kalimantan Utara dengan 1.636 peserta.

Hasil kelulusan selengkapnya dapat dilihat pada laman ppg.kemdikbud.go.id atau melalui akun SIMPKB masing-masing.

Bagi guru yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, diharapkan untuk melakukan pemutakhiran nomor telepon untuk WhatsApp, pas foto, dan tautan belajar.id pada profil SIMPKB masing-masing peserta.

Hasil verifikasi dan validasi tersebut dinyatakan dengan 3 kategori sebagai berikut:

  • Disetujui, jika berkas memenuhi syarat dan bidang studi PPG yang dipilih linier dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV.
  • Tolak (permanen), jika berkas tidak memenuhi syarat dan atau bidang studi studi PPG yang dipilih tidak sejalan dengan ijazah S-1/D-IV serta tidak dimungkinkan adanya perbaikan.
  • Tolak (perbaikan), jika berkas tidak lengkap dan/atau bidang studi PPG yang dipilih tidak sejalan dengan ijazah S-1/D-IV tetapi dimungkinkan adanya perbaikan.

Guru yang lolos verifikasi dan validasi yang berstatus “Disetujui” dinyatakan lolos seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan tahun 2022.

Bagi Anda yang dinyatakan lulus seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan 2022 dapat mengikuti seleksi akademik dengan jadwal terbaru yang dibagikan oleh ppg.kemdikbud.go.id seperti di bawah ini.

Jadwal Cetak Kartu Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

  • Cetak Kartu Peserta Seleksi Akademik: 12-13 Maret 2022
  • Koordinasi peserta dengan pengawas (melalui grup whatsapp): 14 Maret 2022
  • Instalasi mandiri oleh peserta 14 Maret 2022
  • Uji coba aplikasi: 15 s.d. 27 Maret 2022
  • Seleksi Akademik (daring domisili), pembagian jadwal sesuai yang tercantum pada kartu peserta: 16 s.d. 30 Maret 2022

Post a Comment for "Berikut Jadwal Cetak Kartu Peserta Seleksi PPG Daljab Tahun 2022"